JKT 48

Selasa, 04 Maret 2014

Kata Mutiara Dalam Lagu-Lagu JKT48 dan Sisternya



Apakah Anda tau? Ternyata, selain lagu-lagunya yang enak didengar ada kata mutiara yang bisa dijadikan motivasi hidup lho! Bukan cuma satu atau dua namun banyak sekali, cekidot ..

1. Mirai no Kajitsu - JKT48/AKB48
Pasti Anda tak asing dengan lagu ini. Lagu Mirai no Kajitsu dibawakan oleh 2nd trainee JKT48 atau sekarang disebut team K. Lagu ini berada di dalam mini album RIVER. Di lagu ini terdapat pesan yaitu:



"Mimpi apapun suatu saat akan terkabul."

artinya adalah tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, karena semuanya berawal dari mimpi. Bahkan teknologi yang canggih seperti sekarang adalah sebuah mimpi pada jaman dulu.

2. River - JKT48/AKB48
River adalah single pertama JKT48 setelah rilisnya Album "Heavy Rotation". Senbatsu River sendiri adalah team J. Dalam lagu River terdapat pesan:



"Batu di bawah kaki, ayo ambillah satu. Jadilah nekad dan coba lemparkan!"
artinya kita harus memiliki tekad yang kuat serta usaha yang maksimal untuk mencapai sebuah tujuan.

3. Yuuhi wo Miteiruka? - JKT48/AKB48
Yuuhi wo Miteiruka adalah single kedua JKT48. Dalam lagu Yuuhi wo Miteiruka terdapat banyak sekali kata-kata yang bisa kita jadikan motivasi. Bahkan ketika Maeda Atsuko menggelar konser Graduate-nya, Ia menangis ketika menyanyikan lagu ini.



"Supaya kau dapat hidup jadi diri sendiri"
Hanya satu kalimat namun sudah mewakilkan semua arti dalam lagu ini yaitu kita harus menjadi diri sendiri yang mandiri dan bisa menghargai orang lain karena manusia hidup berdampingan dan saling membutuhkan.

 
4. Shonichi - 48Family
Shonichi merupakan salah satu dari enam belas lagu di setlist theater "Pajama Drive". Shonichi sendiri memiliki arti Hari Pertama. Kata yang bisa dijadikan motivasi dalam lagu ini adalah:



"Impian ada di tengah peluh, bagai bunga yang mekar secara perlahan, usaha keras itu tak akan mengkhianati."
yang berarti impian kita akan terwujud apabila sudah ada usaha yang keras. Hasil dari usaha keras akan mulai terlihat secara perlahan. 

5. First Rabbit - JKT48/AKB48
Dalam JKT48, First Rabbit merupakan salah satu track pada single Fortune Cookie In Love. Sedangkan di AKB48, lagu ini merupakan track pertama di album yang berjudul 1830m yang rilis 15 Agustus 2012 lalu. Kalau kata-kata yang bisa dijadikan motivasi yaitu:



"Setiap terluka jadi makin dewasa
air mata mengalir dada terasa sakit
meski begitu ku tetap tak akan menyerah
ayo jadi kelinci yang pertama" 
Artinya sih ketika kamu melewati perjalanan yang menyakitkan dalam hidup kamu akan belajar untuk menjadi dewasa dan engkau akan merasakan kesedihan yang mendalam, meskipun begitu kamu tak boleh menyerah kepada mimpimu dan teruslah berlari sehingga kamu bisa menjadi yang pertama.

6. Iiwake Maybe - AKB48
Iiwake Maybe adalah single ke 13 AKB48. Center Iiwake Maybe adalah Maeda Atsuko (Acchan) yang sudah grad dari AKB48. Lagu ini bertemakan cinta, namun kita bisa mengambil motivasi melalui PV/MVnya yang menceritakan tentang perselisihan yang diselesaikan dengan balap sepeda, siapa yang sampai duluan dialah yang berhak memberi pendapat terlebih dulu. Namun Acchan, Takamina dan lain-lainnya menyadari bahwa tujuan dari balap sepeda ini adalah untuk mengembalikan kekompakan dan perselisihan pun selesai.



"Semua masalah bisa terselesaikan dengan hal permainan sekalipun" 

7.Beginner - AKB48
Beginner adalah salah satu diantara sekian banyaknya lagu AKB48 yang bertema kekerasan. Beginner bercerita sebuah dunia game. Kita bisa menemukan motivasi dari MV/PVnya yang tidak lupa meninggalkan temannya yang sedang terjebak oleh balok-balok, Acchan pun menyelamatkannya meskipun harus berkorban. Selain itu saya telah mentranslate sebagian lirik Beginner, dan saya menemukan..
"Aku tidak peduli kalau kau seorang pemula!" 

8. Shoujotachi Yo! - AKB48/JKT48

Shoujotachi yo adalah lagu yang menggambarkan seorang Gadis Remaja yang tengah mengejar impiannya. Saya nggak bisa menulis semua kata-kata mutiara yang terdapat dalam lagu ini, karena terlalu banyak kata mutiara :'). Sebaiknya Anda dengarkan lagu versi bahasa Indonesia-nya. 

"Berlarilah! Berlarilah! Sekuat tenaga~!"

9. Oogoe Diamond - AKB48/JKT48/SNH48

Oogoe diamond adalah salahsatu lagu yang dinyanyikan pada pertunjukan theater "Renai Kinshi Jourei". Oogoe Diamond memiliki sebuah lirik yang berbunyi 

"Kusuka dirimu kusuka kuberlari sekuat tenaga" 
yang berarti kadang kala Cinta memerlukan perjuangan yang kuat agar bisa tercapai.

10. New Ship - AKB48/JKT48

New Ship merupakan lagu peneman dalam single AKB48 "Give Me Five". Dalam lagu ini Melody dan Jurina  Matsui menjadi center. Langsung ke topiknya, lagu ini ada liriknya 
"Ayo keluarkan kapal baru Kembangkanlah layar mimpi" 
berarti kita harus memperjuangkan mimpi kita agar menjadi nyata. 
"Percayailah rekanmu tak perlu mengandalkan peta serta kompas" 
yang berarti kita harus percaya pada teman kita.

Sudah dulu ya, artikel ini akan saya kembangkan terus saya akan terus mencari motivasi tersembunyi dibalik karangan lagu Yasushi Akimoto.

2 komentar:

  1. 1. sering refresh sendiri
    2. tambahin menu autobiografi isinya semua album jkt, trus di tiap album kasih link download lagu2nya...brani????

    BalasHapus